Eagle ke FlatCam JLCPCB atau PCBWAY

Panduan cepat untuk mengekspor desain PCB dari Eagle dan mengimpornya ke FlatCAM. Panduan ini dibuat dengan Eagle versi 7.2.0 Light dan FlatCAM 8.2.

Sebagian besar desain dimulai dengan skema rangkaian:

_images/eagle_example_1.png

Kemudian dengan meng-klik File→Switch to board, editor papan PCB terbuka dan kemudian menyelesaikan tata letak rangkaian:

_images/eagle_example_2.png

Untuk mengekspor Gerber, buka File→CAM Processor di editor PCB, dan pilih setelan yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Sertakan lapisan tembaga yang ingin diekspor dan lapisan Pads dan Vias. Pilih nama yang tepat untuk file keluaran, misalnya bottom.gbr dan klik Proses Job. Ulangi untuk setiap layer yang diinginkan.

_images/eagle_example_3.png

Untuk ekspor file cam bor, buka File→CAM Processor lagi dan pilih setelan pada gambar di bawah. Pilih EXCELLON_24 untuk bagian Device. Berikan ekstensi drills.drd pada nama file bor jika perlu. Klik Proses Job untuk mengekspor.

_images/eagle_example_4.png

Kita sudah selesai dengan Eagle. Sekarang mari beralih ke FlatCAM.

Eagle menggunakan Trailing Zeros dalam format angka Excellon, format ini perlu dilaporkan dengan benar di FlatCaM dengan cara berikut:

_images/eagle_example_5.png

Perubahan pada opsi sistem akan disetel saat memulai ulang, maka FlatCam perlu dijalankan ulang.

Sekarang cukup buka file Gerber dan Excellon yang diekspor dari Eagle.

_images/eagle_example_6.png Sumber: http://flatcam.org/manual/eaglehowto.html

Jika ingin mengekspor untuk file gerber di layanan produsen PCB semisal JLCPCB atau PCBWAY, gunakan file konfigurasi CAM berikut:

  1. CAM JLCPCB
  2. CAM PCBWAY